Toko Terpal Plastik
Jual terpal, jual terpal tenda, jual terpal kolam, jual terpal di Surabaya, jual terpal plastik di Sidoarjo, terpal plastik roll, harga terpal plastik, harga terpal Korea, harga terpal China, jenis terpal, harga terpal plastik, melayani pemesanan terpal plastik ukuran khusus (custom)

Hubungi kami:
SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
Phone/Fax: 031- 8830487
Email: limcorporation2009@gmail.com

Panduan Lengkap Budidaya Ikan Patin Di Kolam Terpal

Ikan Patin

Jika dibandingkan dengan pemeliharaan patin di kolam tanah, harapan hidup di kolam terpal sangat tinggi sekitar 80%. Akibatnya ikan patin mampu untuk menyesuaikan di berbagai tipe air dengan tingkat keasaman berbeda. Tentunya teknik beternak dengan kolam terpal akan memudahkan peternak untuk bisa memantau kondisi dan perkembangan ikan, selain itu, kolam terpal juga sangat murah dan hemat air.

Tips Pengelolaan Kolam Patin Di Kolam Terpal
Berikut ini beberapa tips budidaya ikan patin di kolam terpal yang bisa diterapkan untuk mencapai hasil yang optimal. Hal pertama yaitu pemilihan tipe kolam terpal, ada 4 tipe kolam yang masing-masing bisa Anda pilih sesuai dengan anggaran dan pertimbangan lokasi. Untuk keempat tipe tersebut antara lain :

  • Kolam keseluruhan
  • Kolam tembok dilapisi terpal
  • Kolam tanah dilapisi terpal
  • Kolam terpal instan

Hal kedua yaitu kesiapan alat-alat pendukung untuk budidaya patin, Anda harus menyediakan beberapa perlengkapan seperti pompa air, blower, paralon (bisa juga diganti dengan selang), ember, penjaring untuk memanen benih (krakat atau waring).

Selanjutnya, tentang teknik pembesaran dan pembibitan, sebelum Anda  menyebarkan benih, isi dulu kolam terpal dengan air dengan ketinggian maksimal 20 cm. Sampai hari ke 5, tambahkan volume air secara bertahap, setelah itu sebarkan bibit sesuai dengan ukuran kolam. Misalnya dengan menyebarkan sekitar 20 ribu di kolam berukuran 2x1x0,5 meter untuk pembenihan awal.

Selama sebulan, benih-benih tersebut harus diberi pakan cacing sutra atau kutu air yang sudah dibersihkan dalam air desinfektan. Sesungguhnya budidaya ikan patin sangat mudah, asalkan Anda rajin melakukan pengecekan dan pengontrolan pada masa-masa awal pemeliharaan. Saat memanen pun Anda tinggal menggunakan kantong plastik sebagai krakat atau benda lainnya (yang penting bisa digunakan untuk menjaring).

Baca Juga :


Karakteristik Patin
Bisnis ternak patin memang termasuk yang diandalkan bagi sebagian masyarakat. Apabila Anda hendak budidaya ikan patin, baiknya Anda harus mengetahui dulu beberapa karakteristik penting dari ikan ini. Masyarakat awam biasanya mengenal ikan ini sebagai lele atau catfish. Ikan ini mampu menyesuaikan setiap kandungan oksigen di dalam air tempat mereka hidup, jadi tidak perlu repot untuk mengganti atau mengalirkan dalam waktu berdekatan.

Meskipun demikian, Anda masih perlu menguras dan mengisinya dengan air baru. Untuk penyesuaian suhu, ikan ini memang agak kesulitan untuk beradaptasi, namun Anda bisa memastikan suhu sekitar 28-30 derajat celcius untuk masing-masing kolam. Cara paling safety adalah dengan membangun kolam terpal di dalam ruangan.

Patin juga dikenal sebagai salah satu hewan nokturnal, mereka selalu bersembunyi di lubang-lubang atau dasar air. Tidak heran jika warna kolam cenderung gelap akan memudahkan mereka untuk hidup. Sebenarnya ikan ini memang menetap didasar air dan memakan binatang-binatang kecil disekitarnya. Biasanya patin akan keluar dari sarang pada malam hari atau saat sinar matahari meredup.

Nah, ada satu hal yang penting saat Anda hendak menyebarkan bibit-bibit di awal. Anda harus memperhatikan kondisi cuaca, sangat tidak disarankan jika Anda berniat melakukan penyebaran benih pada pergantian musim hujan atau kemarau. Sebab, bibit ikan patin sangat sensitif pada perubahan suhu dan cuaca, dan juga mudah mati jika suhu berubah mendadak.

Keuntungan Lebih Dari Ternak Patin
Budidaya patin memang kian diminati oleh masyarakat, hal ini terbukti dengan banyaknya tambak yang dibangun dan dikelola secara mandiri. Tidak hanya itu, dalam pengembangan ternak patin akan sangat jauh dari resiko hama karena Anda membangun kolam di dalam ruangan.

Anda juga bisa memindahkan kolam ke lahan-lahan baru yang dianggap lebih potensial. Sebagai menu makan, ikan ini juga memiliki rasa yang khas dan mengandung protein sampai 70%. Pastinya akan ada banyak keuntungan financial dan kesehatan apabila Anda bisa mengelola ikan patin di kolam terpal dengan aman dan stabil.

Demikianlah artikel pada hari ini tentang "Panduan Lengkap Budidaya Ikan Patin Di Kolam Terpal". Apabila Anda membutuhkan terpal plastik untuk kolam, segera hubungi kami :
Call/SMS/WA : 0852-3392-5564 atau 0812,3258,4950.

Terima kasih & semoga bermanfaat.....😊

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Panduan Lengkap Budidaya Ikan Patin Di Kolam Terpal"

Posting Komentar