Toko Terpal Plastik
Jual terpal, jual terpal tenda, jual terpal kolam, jual terpal di Surabaya, jual terpal plastik di Sidoarjo, terpal plastik roll, harga terpal plastik, harga terpal Korea, harga terpal China, jenis terpal, harga terpal plastik, melayani pemesanan terpal plastik ukuran khusus (custom)

Hubungi kami:
SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
Phone/Fax: 031- 8830487
Email: limcorporation2009@gmail.com

Cara Budidaya Ikan Betok Di Kolam Terpal

Jual Terpal Plastik Murah - Lim Corporation

Ikan betok adalah salah satu jenis ikan tawar yang sering ditemukan di sungai, waduk maupun danau. Ikan betok ini ialah jenis ikan karnivora ataupun ikan pemangsa. Ikan dengan nama latin Anabas testudineus ini mempunyai banyak sebutan bagaikan ikan puyu “Melayu”, ikan betik “Jawa”, ikan papuyu “Banjar”, serta Climbing Gouramy “Inggris”

Ikan ini mulai banyak dibudidayakan terutama didaerah Kalimantan sebab ikan ini mempunyai nilai ekonomi yang tinggal, selain itu rasa daging ikan ini yang lumayan lezat serta gurih. Jenis ikan betok yang banyak dibudidayakan yakni ikan betok hijau, jenis ini dapat mencapai bobot sekitar 200 gram dibandingkan dari jenis betok lainnya.

Baca Juga :
Cara Budidaya Ikan Betok Di Kolam Terpal
Ada juga cara budidaya ikan betok di kolam terpal seperti berikut:

1. Persiapan Kolam Budidaya Ikan Betok
Ikan betok bisa dipelihara maupun dibudidayakan diberbagai jenis kolam contohnya kolam terpal, kolam tanah dan juga tambak. Akan tetapi jenis kolam terpal lebih sering dipakai sebab lebih efisien buat perkembangan ikan betok ini sebab bila budidaya dilakukan pada kolam tanah maka ketika waktu panen datang akan membikin sulit pemanenan dengan ikan betok yang bisa bersembunyi didalam lumpur. Pemupukan dasar kolam buat budidaya ikan betok ini harus dilakukan terutama pada kolam buat anakan. Kolam ikan betok dewasa tidak butuh dilakukan pemupukan sebab ikan ini bisa hidup pada kondisi air apa saja seta akan tahan pada kualitas air yang buruk.



2. Pemijahan Ikan Betok
Benih ikan betok ini didapat dari pemijahan indukan ikan betok jantan serta ikan betok betina. Buat membedakan antara ikan jantan dan betina bisa dilihat pada fisiknya, berikut ialah ciri-ciri ikan jantan dan betina:

Jantan
  • Mempunyai bentuk tubuh yang kecil
  • Mempunyai kelamin yang memanjang
  • Mempunyai gerakan yang lincah dan gesit

Betina
  • Mempunyai bentuk tubuh yang lebih besar
  • Mempunyai lubang kelamin dengan bentuk bulat
  • Mempunyai gerakan yang agak lambat

Pemijahan ikan betok ini pada umumnya dilakukan dengan cara buatan yakni dengan cara kawin suntik. Dalam sekali musim kawin, ikan betok bisa dipijahkan sebanyak 3 kali dengan menghasilkan sekitar 5.000 hingga 15.000 butir telur. Pada suhu 260 derajat telur-telur ikan betok akan menetas dalam kurun waktu 24 jam sedangkan pada suhu 300 derajat celcius telur-telur ikan betok tersebut akan menetas dalam kurun waktu 12 jam sesudah itu ikan bisa disebar pada kolam.



3. Pemeliharaan Anakan Ikan Betok Dan Penebaran Ikan Pada Kolam
Ikan betok yang baru menetas tidak perlu langsung diberi pakan sebab ikan betok tersebut masih mempunyai cadangan makanan dari kantongnya. Sesudah ikan berumur kurang lebih 4 hari barulah anakan ikan tersebut dikasih pakan dengan kuning telur. Pemberian pakan tersebut dilakukan secara rutin sebanyak 3 kali sehari sampai ikan tersebut berumur 14 hari.

Sesudah ikan betok berumur 14 hari, ikan betok dikasih pakan berupa pelet yang sudah dihaluskan sebab ini merupakan masa kritis ikan betok. Pemberian pakan berupa pelet pada ikan betok ini dilakukan sampai ikan betok tersebut berumur kurang lebih 2 bulan, sesudah 2 bulan barulah ikan betok bisa disebar dalam kolam yang sudah disiapkan.

4. Pemanenan Ikan Betok
Ikan betok bisa mulai dipanen sesudah berumur kurang lebih 4 bulan, akan tetapi pemanenan tersebut bisa dilakukan tergantung dengan kebutuhan pasar serta tujuan pemanenan tersebut apakah ikan itu bakal dikonsumsi atau dipakai buat produksi.

Ada 2 cara pemanenan ikan betok ini yakni panen total dan panen selektif. Pemanenan total dilakukan tidak memperhatikan ukuran ikan betok tersebut atau dipanen keseluruhan. Sedangkan pemanenan selektif dilakukan menggunakan cara dijaring setelah itu ikan yang diambil ialah ikan yang sudah siap panen dengan tujuan buat mencari indukan ikan kembali serta juga buat konsumsi.


Terpal plastik banyak digunakan untuk memberikan perlindungan suatu benda dari pengaruh cuaca buruk. Terpal memiliki ketahanan air sehingga banyak digunakan untuk dibuat kolam ikan, tenda atau apapun yang berhubungan dengan tahan terhadap air. Kami melayani pemesanan terpal plastik berbagai ukuran dan berbagai pilihan warna. Harga dan ukuran klik http://bit.ly/hargaterpalplastik

Customer Service :
Email : limcorporation2009@gmail.com
Phone : 081232584950 / 087702821277 / 085233925564
Whatsapp :
http://bit.ly/AdminLC1
http://bit.ly/AdminLC2
http://bit.ly/AdminLC3

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Budidaya Ikan Betok Di Kolam Terpal"

Posting Komentar