Toko Terpal Plastik
Jual terpal, jual terpal tenda, jual terpal kolam, jual terpal di Surabaya, jual terpal plastik di Sidoarjo, terpal plastik roll, harga terpal plastik, harga terpal Korea, harga terpal China, jenis terpal, harga terpal plastik, melayani pemesanan terpal plastik ukuran khusus (custom)

Hubungi kami:
SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
Phone/Fax: 031- 8830487
Email: limcorporation2009@gmail.com

Cara Budidaya Ikan Patin DiKolam Terpal


Jual Terpal Plastik Murah - Lim Corporation

Ketika keterbatasan lahan menjadi penghalang untuk melakukan pemeliharaan ikan, maka budidaya ikan patin adalah pilihan menarik yang dapat diambil. Jika memilih ikan patin, tidak ada alasan lagi mengenai kurangnya lahan. Selain itu cara ternak patin sangat mudah untuk dilakukan. Anda bisa melakukannya di luar atau dalam ruangan. Tentunya kita juga tidak butuh lahan dan tanah berukuran luas karena cara budidaya yang diterapkan adalah penggunaan kain terpal. Banyak orang yang mengakui bahwa teknik beternak patin dengan kolam terpal sangat efektif dan menghemat biaya. Sementara itu ikan patin ini masih menempati posisi penjualan yang cukup tinggi.

Sebelum anda mengembangkan teknik budidaya patin di kolam terpal, ada beberapa hal yang perlu anda diketahui mengenai keunggulan dari metode tersebut. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya ikan patin selalu laku di pasaran. Hal ini menyediakan peluang besar untuk para pemula yang ingin mengembangkan ternak patin. Keunggulan lain adalah karena ikan patin selalu beradaptasi pada berbagai tingkat keasaman air (pH). Jika dibandingkan dengan pemeliharaan patin di media kolam tanah, harapan hidup di kolam terpal dapat lebih tinggi sekitar  80 persen. Jadi ikan patin selalu mampu untuk menyesuaikan di berbagai tipe air dengan tingkat keasaman berbeda. Tentunya teknik beternak dengan kolam terpal akan memudahkan anda untuk memantau kondisi dan perkembangan ikan, selain itu sangat murah dan menghemat air.

Tips Pengelolaan Kolam Patin Terpal

Langkah pertama adalah pemilihan tipe dari kolam terpal. Ada 4 tipe kolam yang masing-masing dapat dipilih sesuai anggaran dan pertimbangan lokasi. Keempat tipe tersebut antara lain:
- Kolam keseluruhan
- Kolam tembok dilapisi terpal
- Kolam tanah dilapisi terpal
- Kolam terpal instan


Langkah Kedua adalah kesiapan alat-alat pendukung untuk kolam patin terpal. Anda harus mempersiapkan beberapa perlengkapan seperti pompa air, blower, paralon atau selang, ember dan penjaring untuk memanen benih. Sebelum Anda sebarkan benih, isilah kolam terpal tersebut dengan air pada ketinggian maksimal 20 cm. Sampai hari ke 5, tambahkan volume air dengan bertahap. Selanjutnya sebarkan bibit sesuai dengan ukuran kolam. Contohnya sebarkan kira-kira 20 ribu bibit pada kolam berukuran 2x1x0,5 meter untuk pembenihan awal.

Selama kira-kira sebulan, benih-benih tersebut harus diberi pakan cacing sutra atau kutu air yang sudah dibersihkan dalam air disinfektan. Semestinya memelihara ikan patin memang sangatlah mudah, asalkan Anda rajin untuk melakukan pengecekan dan pengontrolan di masa-masal awal pemeliharaan. Untuk memanen juga Anda tinggal menggunakan kantong plastik sebagai krakat.

Karakteristik Patin
Bisnis peternakan patin masih diandalkan oleh sebagian masyarakat. Jika Anda berminat untuk budidaya patin, ada baiknya untuk mengetahui beberapa karakteristik penting dari ikan patin ini. Masyarakat awam biasa mengenali ikan ini sebagai sebutan lele atau catfish. Ikan ini dapat menyesuaikan setiap kandungan oksigen dalam air tempat mereka hidup. Jadi anda tak perlu repot mengganti atau mengalirkan dalam waktu berdekatan. Meskipun demikian, Anda masih perlu untuk menguras dan mengisinya dengan air baru. Penyesuaian suhu ikan ini agak kesulitan untuk beradaptasi. Namun Anda dapat memastikan suhu sekitar 28 hingga 30 derajat celcius untuk masing-masing kolam. Oleh karena itu, kadang-kadang cara teraman adalah dengan membangun kolam terpal di dalam ruangan.


Ikan Patin juga dikenal sebagai salah satu hewan nokturnal. Mereka selalu bersembunyi di lubang-lubang atau di dasar air. Tak heran jika warna kolam cenderung gelap akan memudahkan ikan untuk hidup. Ikan ini menetap di dasar air dan memakan binatang-binatang kecil di sekitarnya. Umumnya patin akan keluar dari sarangnya di malam hari atau sinar matahari meredup. Ada satu hal penting saat Anda akan menyebarkan bibit-bibit di awal. Anda harus memperhatikan kondisi cuaca terlebih dahulu. Sangat tidak disarankan jika Anda berniat melakukan penyebaran benih di pergantian musim hujan atau kemarau. Bibit patin sangat sensitif terhadap perubahannya suhu dan cuaca dan mudah mati jika ada perubahan suhu mendadak.

Manfaat dan Keuntungan Lebih dari Ternak Patin
Terbukti banyaknya tambak yang dibangun dan dikelola secara mandiri. Pengembangan ternak patin akan sangat jauh dari risiko hama karena Anda dapat membangun kolam di dalam ruangan. Anda juga dapat memindahkan kolam ke lahan-lahan baru yang Anda anggap lebih potensial. Untuk menu makanan, ikan ini memiliki rasa yang khas dan mengandung protein hampir 70 persen. Tentunya akan ada banyak keuntungan finansial dan kesehatan jika Anda dapat mengelola ikan patin di kolam terpal dengan aman dan stabil.


Produsen dan Distributor Terpal Plastik
Jika Anda Membutuhkan Dan Memerlukan Terpal Plastik untuk budidaya berbagai jenis ikan atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)

Customer Service :
Telp          : 031 - 8830487 
Mobile     : 0852 3392 5564 | 0877 0282 1277 | 0812 3258 4950
Email       : limcorporation2009@gmail.com
Whatsapp : Admin 1 Admin 2 | Admin 3

Catatan :
– Minimal order 5 roll, ukuran khusus 20 lembar/ukuran
– Harga netto (tidak termasuk PPN)
– Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim Ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Budidaya Ikan Patin DiKolam Terpal"

Posting Komentar