Toko Terpal Plastik
Jual terpal, jual terpal tenda, jual terpal kolam, jual terpal di Surabaya, jual terpal plastik di Sidoarjo, terpal plastik roll, harga terpal plastik, harga terpal Korea, harga terpal China, jenis terpal, harga terpal plastik, melayani pemesanan terpal plastik ukuran khusus (custom)

Hubungi kami:
SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
Phone/Fax: 031- 8830487
Email: limcorporation2009@gmail.com

Budidaya Tumbuhan Paku Azolla DiKolam Terpal


Jual Terpla Plastik Awet - Lim Corporation

Azolla banyak dimanfaatkan untuk pakan ikan dan ternak, khususnya yaitu itik dan berbagai jenis ikan omnivora dan herbivora. Sebagai pakan ternak dengan kandungan gizi dari azolla sangat menjanjikan.

Apabila diberikan untuk itik, menggunakan azolla yang segar dan masih muda dicampur dengan ransum pakan itik. Dalam keadaan segar azolla dapat digunakan sebagai pakan ikan gurami, tawes, nila dan karper. Bisa juga azolla diolah menjadi tepung. Tepung azolla ini digunakan untuk campuran membuat pakan ikan buatan.


Persiapan Budidaya Azolla Microphylla dikolam terpal

Tahap pertama yang harus diperhatikan adalah persiapan tempat. Tempat terbaik untuk budidaya azolla yakni kolam tanah, anda dapat membuatnya sendiri dengan menggunakan terpal yang diberi tanah atau dapat juga menggunakan area persawahan. Pilihla tempat yang mendapatkan paparan sinar matahari langsung. Hal kedua yang perlu dipersiapkan untuk budidaya azolla yakni bibitnya. Dapat berupa bibit azolla atau secara generatif.

Cara Budidaya Azolla Microphylla
Budidaya azolla dapat dilakukan di kolam tanah atau terpal. Pemilihan atau penempatan kolam sebaiknya di lokasi terbuka yang terkena sinar matahari langsung, berikut tahapan dan penjelasan cara budidaya azolla

1. Budidaya Azolla di Kolam Terpal, persiapkan Kolam

Siapkan kolam dari terpal kemudian isi kolam ternak azola dengan air yang ketinggiannya 5 cm atau maksimal 20 cm, semakin dekat dengan tanah semakin baik, jadi pastikan tidak terlalu tinggi volume airnya. Habitat asli dari azolla yakni sawah atau rawa, sebisa mungkin buatlah media tanam azola dengan menyerupai dengan habitat asalnya. Untuk penggunaan kolam berupa terpal perlu juga ditambahkan lumpur. Anda bisa memanfaatkan lumpur dari kolam yang selesai dipanen ikannya.


2. Pemberian pupuk kandang

Ketika memberikan pupuk kandang dimedia ternak, yang perlu diperhatikan adalah aroma bau airnya. Jika air bau maka berarti pupuk belum terfermentasi dengan sempurna. Jika terjadi seperti itu jangan masukkan bibit azola kedalam media ternak karena dapat menyebabkan azola mati. Jangan memberikan pupuk ketika kolam sudah ada azolanya, pemberian pupuk dilakukan 2 minggu sebelum bibit ditaburkan agar pupuk dapat terfermentasi dengan sempurna.

3. Penebaran bibit azolla

Tahap selanjutnya adalah penebaran bibit pada kolam ternak, sebelum menebar pastikan kolam tidak berbau dan pupuk sudah terfermentasi dengan sempurna. Gunakan takaran 50 -70 gram per meter2, kemudian diamkan samapai 2 minggu terkadang lebih, harus tetap menjaga ketinggian air. Anda bisa menambahkan probiotik biocatfish sebesar 50 ml/m2 secara rutin setiap 2 hari sekali supaya azolla tumbuh secara optimal.

Umumnya azolla dapat dipanen 15 hari setelah tanggal pembibitannya. Pemanenan dilakukan ketika aozla sudah kelihatan menumpuk dan menebal menutupi seluruh permukaan kolam, azolla bisa dipanen 1-2 minggu sekali. Anda bisa menambah kolam lagi untuk penambahan azolla yang akan di budidayakan, lakukanlah dengan sesuai kebutuhan harian, untuk dijual atau akan anda gunakan sendiri sebagai pakan ikan.

Hal hal yang perlu diperhatikan budidaya azolla

Dalam membudidayakan azolla ada beberapa hal yang kadang terlewat dan tidak diperhatikan oleh peternak sehingga menghasilkan azolla tidak maksimal. Berikut hal hal yang perlu anda perhatikan ketika berniat budidaya azolla:

- Semakin dekat azolla dengan tanah atau semakin dangkal kolam semakin bagus.
Azolla sangat butuh oleh sinar matahari akan tetapi jika daun azola berubah warna kuning atau coklat karenat terbakar berarti azolla terlalu banyak menyerap sinar UV, anda bisa menggunakan paranet sebagai penaung media ternak.


- Penggunaan pupuk sesudah kolam terisi azolla akan menyebabkan azolla mati
Ketika meggunakan pupuk kandang, perhatikanlah bau airnya kalau masih bau berarti pupuk belum terfermentasi dengan sempurna, anda harus menunggu lebih lama.

- Jika anda membeli bibit azolla dengan paket, azolla harus ditempatkan di tempat teduh, dalam wadah berair selama kurang lebih 2 hari baru setelah azolla sudah terlihat segar pindahkan ke tempat yang terkena matahari atau kolam. Anda bisa menambahkan pupuk dengan unsur P yang tinggi seperti pupuk SP36 atau multi KP dan pupuk sejenisnya, agar azolla bisa kuat dan tidak stress.

Jadi kesimpulannya azolla yang merupakan tanaman dari jenis paku pakuan yag bermanfaaat dalam dunia pertanian juga peternakan. Tanaman ini telah digunakan di banyak negara lain seperti Jepang untuk pengganti pupuk pada padi dan India sebagai pakan untuk sapi. Azolla dapat juga bermanfaat untuk pakan ikan lele, gurame, nila, serta ayam, kelinci, bebek, kambing, kerbau, sapi dan lainnya.


Produsen dan Distributor Terpal Plastik
Jika Anda Membutuhkan Dan Memerlukan Terpal Plastik untuk budidaya berbagai jenis ikan atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)

Customer Service :
Telp          : 031 - 8830487 
Mobile     : 0852 3392 5564 | 0877 0282 1277 | 0812 3258 4950
Email       : limcorporation2009@gmail.com
Whatsapp : Admin 1 Admin 2 | Admin 3

Catatan :
– Minimal order 5 roll, ukuran khusus 20 lembar/ukuran
– Harga netto (tidak termasuk PPN)
– Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim Ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Budidaya Tumbuhan Paku Azolla DiKolam Terpal"

Posting Komentar