Toko Terpal Plastik
Jual terpal, jual terpal tenda, jual terpal kolam, jual terpal di Surabaya, jual terpal plastik di Sidoarjo, terpal plastik roll, harga terpal plastik, harga terpal Korea, harga terpal China, jenis terpal, harga terpal plastik, melayani pemesanan terpal plastik ukuran khusus (custom)

Hubungi kami:
SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
Phone/Fax: 031- 8830487
Email: limcorporation2009@gmail.com

Budidaya Ikan Gurame Mudah dan Praktis dengan Terpal Plastik

Jual Terpal Plastik Harga Pabrik - Lim Corporation

Keunggulan Yang Terdapat pada Ikan Gurami adalah :
1. Memiliki serat daging yang kesat
2. Mempunyai citarasa gurih yang khas
3. Mudah untuk di pelihara karena makanannya bisa apa saja
4. Bisa hidup di air tergenang, termasuk tempat budidaya
5. Mudah untuk dibenihkan
Ikan gurami ternyata belum banyak dikembangkan oleh negara-negara lain selain Indonesia.  Artinya yakni terdapat peluang ekspor yang besar untuk komoditas ini. Salah satu inovasi terbaru dalam bidang budidaya ikan yakni budidaya menggunakan terpal, dan gurami termasuk ikan yang dapat di budidayakan menggunakan terpal.


Keuntungan berbudidaya gurami menggunakan terpal
Dapat dibuat di lahan yang sempit. Seperti pekarangan rumah atau halaman rumah. Bisa jadi salah satu solusi ketika kita hanya memiliki tempat yang tanahnya berpasir. Dengan memakai terpal maka tidak akan terjadi proses penyerapan air yang tinggi. Dapat digunakan untuk daerah yang sulit air. Karena menggunakan terpal maka air yang diperlukan untuk memelihara gurami juga lebih sedikit
Pembuatannya praktis.
Waktu pembuatannya sebentar sehingga dapat langsung memulai proses budidaya ikannya. Ikan gurami yang dipelihara di kolam terpal tidak akan berbau lumpur. Endapan-endapan lumpur yang berasal dari sisa-sisa makanan dapat mudah disedot jika menggunakan kolam terpal. Daya hidup ikan gurami akan lebih tinggi jika budidaya di terpal, karena pengawasannya dapat lebih intensif. Pertumbuhan ikan dapat lebih cepat karena bisa dipacu dengan sistem budidaya yang intensif. Biaya pembuatan terpal lebih murah serta bisa dipindah-pindah sesuai dengan kebutuhan.

Proses budidaya Gurami di kolam terpal
1. Persiapan lahan
Lahan yang digunakan untuk tempat meletakkan terpal dapat dimana saja, yang penting datar. Sumber air yang dekat untuk mengisi kolam, dapat dari sumur, air kran atau menggunakan air hujan. Ketinggian tempat yang tepat untuk pertumbuhan gurami yang optimal yakni 0 – 800 meter di atas permukaan air laut.
Tentukan ukuran gurami yang akan dipelihara untuk menentukan ketinggian air kolam yang diperlukan. Misal untuk gurami yang kecil dapat menggunakan terpal dengan kedalaman air 20 – 40 cm.  Sehingga kolam terpal cukup di buat setinggi 60 cm saja.


2. Menentukan plastik terpal yang digunakan.
Plastik terpal yang digunakan untuk kolam ikan gurame sebaiknya menggunakan terpal yang tebal dengan ukuran A5 atau A6 dengan masa pemakaian 5 tahun. Ukuran terpal yang akan digunakan sesuaikan dengan ukuran lahan untuk kolam.  Usahakan tidak menyambung terpal untuk menghindari bocor.

3. Membuat kolam terpal
Buatlah kerangka kolam terlebih dahulu. Jika tanah kurang rata dapat diratakan dengan menggunakan sekam padi atau pelepah pisang yang berfungsi untuk menjaga suhu dasar kolam. Ketebalan sekam atau pelepah pisang adalah 10 cm.
Buat tonggak atau tiang lalu ditancapkan di setiap sudut kolam. Setelah kerangka selesai dibuat, pasang terpal dan pastikan rapat tiap sudutnya.
Pasanglah paralon di salah satu sudut dengan kemiringan lebih tinggi untuk saluran pembuangan air. Isi kolam terpal dengan air sampai mencapai kedalam sesuai yang telah direncanakan. Periksa dengan seksama untuk memastikan tidak akan terjadi kebocoran kolam.  Apabila ada kebocoran, maka perlu dilakukan penambalan.

Memelihara ikan gurami sesuai dengan rencana budidaya.
Memelihara gurami untuk pembesaran perlu dilakukan dengan benih dengan ukuran seragam. Jika benih yang ditanam tidak seragam maka takut akan terjadi persaingan dalam memperebutkan makanan. Benih yang digunakan sebaiknya di tebar di dalam kolam terpal dengan menggunakan larutan kalium permanganat (PK) sebanyak 4 mg/liter air selama 30 menit untuk disucihamakan. Cara lainnya bisa menggunakan garam dapur sebanyak 10g/liter air selama 15-30 menit.
Setelah itu, benih yang telah disucihamakan dimasukkan ke dalam kolam bersama wadahnya, dan biarkan mereka masuk ke kolam terpal dengan sendirinya. Ini dilakukan untuk proses penyesuaian diri supaya ikan tidak kaget pada perubahan suhu wadah dan kolam besar. Benih dimasukkan disaat pagi atau sore hari sehingga akan lebih mudah beradaptasi.


Beri pakan seperti cacing sutra dan daun-daunan. Dapat juga diberikan pelet ikan.  Pemberian pelet 2-3 kali sehari. Agar gurami tidak terserang penyakit maka perlu diberi vitamin C dengan dosis 250 – 500 mg/kg berat tubuhnya. Vitamin diberikan selama beberapa hari. Jaga kebersihan kolam sehingga tidak menjadi sarang penyakit.
Cara membersihkan kolam yakni dengan menyedot kotoran yang ada di dasar kolam menggunakan selang yang disedot. Setelah endapan di dasar kolam sudah bersih, beri air lagi untuk mengembalikan ketinggian air pada kolam.

Panen
Panen dilakukan setelah gurami sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Apakah untuk konsumsi ataupun untuk pembenihan.  Sebelum panen, pemberian pakan tidak diberikan dihari itu. Prosesnya yaitu dengan mengeringkan kolam hingga tinggal sedikit di bagian paling rendah.  Menangkap ikan gurami secara  perlahan-lahan menggunakan seser.

Ikan yang telah ditangkap dipindahkan ke wadah yang airnya mengalir untuk membersihkan tubuh ikan.  Di wadah ini kemudian gurami dipilah berdasarkan ukurannya. Gurami yang ukurannya sama dimasukkan ke dalam wadah yang sama, dan juga siap untuk di bawa ke pasar.

Produsen dan Distributor Terpal Plastik
Jika Anda Membutuhkan Dan Memerlukan Terpal Plastik untuk budidaya berbagai jenis ikan atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)

Customer Service :
Telp          : 031 - 8830487 
Mobile     : 0852 3392 5564 | 0877 0282 1277 | 0812 3258 4950
Email       : limcorporation2009@gmail.com
Whatsapp : Admin 1 Admin 2 | Admin 3

Catatan :
– Minimal order 5 roll, ukuran khusus 20 lembar/ukuran
– Harga netto (tidak termasuk PPN)
– Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim Ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Budidaya Ikan Gurame Mudah dan Praktis dengan Terpal Plastik"

Posting Komentar