Toko Terpal Plastik
Jual terpal, jual terpal tenda, jual terpal kolam, jual terpal di Surabaya, jual terpal plastik di Sidoarjo, terpal plastik roll, harga terpal plastik, harga terpal Korea, harga terpal China, jenis terpal, harga terpal plastik, melayani pemesanan terpal plastik ukuran khusus (custom)

Hubungi kami:
SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
Phone/Fax: 031- 8830487
Email: limcorporation2009@gmail.com

Cara Mudah Budidaya Udang Vaname menggunakan Terpal

Jual Terpal Plastik Murah - Lim Corporation

Usaha Budidaya ikan perairan sampai udang saat ini sedang marak digandrungi masyarakat. Bagaimana tidak?, dengan modal yang tidak terlalu merogoh kocek dan jika Anda telaten serta sanggup mempelajari hal baru, maka anda pasti akan meraup keuntungan yang lumayan fantastis. Salah satunya budidaya hewan perairan yang dapat anda jadikan opsi membuka usaha baru adalah mencoba budidaya Udang. Jika anda mulai berminat menekuni usaha budidaya udang, maka langkah selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah mencari jenis udang yang paling sering di konsumsi dan paling sesuai dengan permintaan pasar.

Baca Juga :

Jenis udang yang saat ini menjadi pilihan utama adalah jenis udang Vaname. Sehingga tak jarang akan anda temui orang-orang yang mulai budidaya udang Vaname di kolam terpal, kolam beton maupun kolam biasa. Jenis udang vaname ini memiliki beberapa kelebihan dibandingkan jenis udang yang lain, diantaranya adalah pertumbuhan udang yang lebih cepat dari yang lain, tidak mudah terserang virus dan penyakit, pemberian pakan udang yang relatif sederhana dan lebih mudah dan daya tahan hidup udang yang cukup lama.

Saat ini budidaya udang terkenal oleh keuntungan yang menggiurkan. Pasalnya udang adalah salah satu komoditas ekspor yang diandalkan dari Indonesia. Selain itu banyak juga masyarakat lokal yang gemar mengonsumsi udang karena kaya protein dan rendah kalori serta khasiat lain yang baik dan bagus bagi kesehatan manusia. Jadi hal pertama yang perlu dipikirkan ketika akan memulai usaha budidaya udang vaname adalah kolam budidaya. Banyak orang mengurungkan niat budidaya ikan maupun udang karena tidak ketersediannya lahan yang dimiliki untuk kolam.


Pasti ada banyak jalan menuju Roma dong, Anda dapat melakukan beberapa opsi pembuatan kolam, salah satunya yaitu mencoba dengan budidaya udang vaname di kolam terpal. Namun sebelum itu tentunya Anda perlu mengetahui beberapa kelebihan budidaya udang di kolam biasa atau beton dengan budidaya udang di kolam terpal.

Udang Tidak Berbau Tanah
Akan terdapat kelebihan yang kentara karena udang hasil panen anda tidak akan berbau lumpur atau tanah. Hal ini tentu saja tidak menyusahkan anda untuk sortir hasil panen seperti tanpa harus membersihkan udang.

Menjaga Kestabilan Suhu Dalam Kolam
Menjaga suhu didalam kolam memang sangat krusial saat melakukan budidaya udang. Tetapi kolam terpal dipercayai dapat menahan fluktuasi suhu dalam kolam yang biasanya berubah sesuai dengan musim yang terjadi saat itu. Setelah selesai masa, maka kolam harus dibersihkan dan disterilkan tentunya. Kolam terpal terkenal mudah dan cepat dalam proses pembersihan dengan cara pengeringan kolam budidaya udang. Jika kolam biasa membutuhkan waktu 3 sampai 7 hari masa pengeringan, maka kolam terpal hanya membutuhkan waktu 1 sampai 2 hari untuk proses pengeringan dan pembersihan.

Minim Hama dan Virus Penyakit
Melakukan budidaya udang vaname memang riskan dalam hal kematian udang dikarena hama yang menyerang. Tetapi anda tiddak perlu terlalu merisaukannya karena Budidaya udang vaname di kolam terpal dapat mengurangi tingkat hama dan virus penyakit yang menyerang sehingga membuat hasil panen Anda lebih maksimal lagi. Memang benar jika Budidaya udang vaname di kolam terpal di percaya bisa mengatasi masalah kekurangan lahan yang mungkin sedang anda alami dan menjadi menjadi kendala utama Anda.

Budidaya udang vaname di kolam terpal relatif mudah dan dapat dilakukan siapa saja, hal yang perlu dipersiapkan untuk Budidaya Udang Vaname di kolam terpal adalah sebagai berikut ini:

1.Pembuatan Kolam Terpal
Langkah pertama yang perlu dipersiapkan dan dilakukan adalah membuat tempat hidup udang yaitu sebuah kolam terpal. Kolam terpal yang ideal yaitu dibangun ditempat dengan luas kira-kira satu hektar dengan mengisinya dengan 4 kolam terpal. Namun jika tidak memiliki cukup lahan untuk budidaya udang vaname di kolam terpal maka anda dapat membuatnya diukuran kecil 1 kolam dengan ukuran kurang lebih panjang 10 m dan lebar 5 meter. Namun hal yang perlu diketahui jika semakin luas kolam yang dibuat maka budidaya udang vaname di kolam terpal yang sedang anda geluti juga akan membuat hasil udang anda lebih banyak dan maksimal. Namun jika sedikit takut dan ingin coba-coba maka buatlah seperlunya.

2.Lapisan Terpal
Lapisan kolam terpal yang anda buat untuk budidaya udang vaname di kolam terpal membutuhkan lapisan terpal yang kuat agar tidak bocor dan juga membutuhkan lapisan terpal sampai luar kolam. Hal ini bertujuan agar disaat hujan datang udang vaname dapat terlindungi dengan baik dari tanah dari luar maupun longsoran kecil tanah saat itu. Tanah yang masuk ke dalam kolam bisa menyebabkan derajat keasaman yang dimiliki air di dalamnya dapat berubah dan akan berujung pada hasil budidaya udang vaname di kolam terpal yang tidak maksimal.


3.Kincir Angin yang Terdapat Di Dalam Kolam
Salah satu komponen penting saat Anda memutuskan melakukan usaha budidaya udang vaname adalah menyediakan kincir angin yang di pasang di dalam kolam. Manfaat Kincir Angin yaitu sebagai kontrol kotoran yang dihasilkan oleh udang serta sebagai penyuplai oksigen untuk udang. Tentunya hal tersebut juga akan membuat proses kembangbiak udang menjadi lebih baik dan sehat dan akan berakibat pada hasil panen udang yang akan melimpah dan tentunya akan sangat menguntungkan bagi anda.

4.Volume Air Dalam Kolam
Didalam kolam anda perlu menakar volume air yang pas, jangan sampai kurang maupun berlebihan karena tidak baik untuk perkembangbiakan udang vaname. Jangan lupa gunakan air payau yang sesuai dengan habitat asli udang vaname. Sering-seringlah anda mengganti air agar udang merasa betah berada di dalam kolam, jangan sampai terdapat banyak tanah yang masuk kolam karena akan mempengaruhi Ph air kolam. Dan jangan gunakan air PDAM karena mengandung kaporit yang notabenenya tidak disukai oleh udang.

5.Pemilihan Bibit
Pilihlah bibit udang vaname yang paling baik atau bagus. Letakkan bibit udang vaname dengan jumlah sekitar 100 bibit udang untuk satu kolam. Usahakan jangan terlalu banyak agar udang dapat bergerak bebas. Usahakan membuat kondisi kolam dengan senyaman mungkin agar udang tidak stress dan mati.

Produsen dan Distributor Terpal Plastik
Jika Anda Membutuhkan Dan Memerlukan Terpal Plastik untuk budidaya berbagai jenis ikan atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)

Customer Service :
Telp          : 031 - 8830487 
Mobile     : 0852 3392 5564 | 0877 0282 1277 | 0812 3258 4950
Email       : limcorporation2009@gmail.com
Whatsapp : Admin 1 Admin 2 | Admin 3

Catatan :
– Minimal order 5 roll, ukuran khusus 20 lembar/ukuran
– Harga netto (tidak termasuk PPN)
– Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim Ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mudah Budidaya Udang Vaname menggunakan Terpal"

Posting Komentar